Cara Membersihkan Keramik Berkarat dan Berkerak

Cara Membersihkan Keramik Berkarat dan Berkerak

Cara Membersihkan Keramik Berkarat dan Berkerak
Cara Membersihkan Keramik Berkarat dan Berkerak

Keramik terlihat berkarat dan berkerak serta kusam dan berwarna kuning memang tidak sedap dipandang mata. Tapi jangan cepat-cepat berpikiran bahwa ingin cepat mengganti keramik tersebut dengan keramik yang baru.

Keramik yang berkarat dan berkerak serta warna berubah menjadi kusam dapat disebabkan oleh faktor usia keramik tersebut. Semakin lama lama usia keramik maka akan semakin berkarat, berkerak serta warnanya akan bertambah kusam.

Penyebab Keramik Berkarat dan Berkerak

Ada beberapa penyebab keramik milik kita menjadi berkarat dan berkerak. Kerak pada keramik disebabkan karena air sabun yang menempel pada keramik dan akhirnya membuat keramik kehilangan kilapannya.

Sedangkan penyebab keramik berkarat adalah karena terkena benda yang mudah keropos seperti serpihan kayu dan benda logam yang mudah berkarat dengan secara langsung bersentuhan dengan keramik dengan waktu yang lama

Jenis-jenis Keramik

Sebelum kita membersihkan keramik yang berkarat dan berkerak alangkah baiknya mengetahui dan mengenal dulu jenis keramik  yang sering digunakan sebagai pelengkap bangunan rumah. Ada 6 jenis keramik yang sering dipakai yaitu:
  1. Teraso. Jenis keramik ini banyak dipakai untuk bangunan rumah. ukurannya adalah 20x20 cm dan memiliki motif etnik dan klasik.
  2. Mozaik. Keramik ini sering kita lihat pada kamar mandi. Keramik Mozaik ini memiliki dua jenis yaitu keramik mozaik tanpa glasir dan keramik mozaik yang permukaannya dilapisi dengan kaca.
  3. keramik kuadrat. Keramik ini dipasang pada teras rumah. Keramik yang terbuat dari tanah liat dan tanpa dicampur dengan glasir ini memang cocok untuk dipasang pada lantai teras rumah karena tahan terhadap porostis (keramik menjadi berpori).
  4. Pavers. Keramik jenis ini dipasang pada tepian kolam renang dan bisa juga dipasang di teras rumah. Keramik ini memiliki tingkat ketebalan yang melebihi ketebelan keramik pada umumnya.
  5. Marmer. Keramik berjenis marmer ini sering dipasang di rumah yang mewah dan hotel. Keramik ini sangat indah dan mengkilap yang akan memberikan kesan mewah dan elegan.
  6. Granit. Jenis keramik terakhir ini merupakan keramik yang didapatkan dari hasil tambang dan harganya yang relatif mahal dibandingkan dengan keramik-keramik yang lainnya.

Cara Membersihkan Keramik

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk membersihkan sekaligus merawat keramik agar bersih mengkilap dan jauh dari karat dan kerak. Cara yang kami bagikan ini sangat mudah dan praktis untuk dilakukan oleh Anda serta bahan-bahan yang disiapkan pun sudah tersedia di rumah. Jadi berikut ini merupakan tutorial bagaimana cara membersihkan keramik.

1. Cuka

Bahan pertam yang kita bahas adalah cuka. Cuka sudah pasti tersedia di rumah kita karena salah satu bahan campuran dalam mengolah makanan. Caranya sangat mudah yaitu dengan menuangkan larutan cuka di atas permukaan keramik dan didiamkan sejenak untuk memastikan bahwa kotoran yang menempel pada keramik lebih mudah dibersihkan. Dan langkah terakhir adalah membersihkan keramik tadi dengan pembersih lantai agar mengusir bau yang tidak sedap.

2. Kaporit

Kaporit selain berfungsi menjernihkan air juga bisa berfungsi untuk menghilangkan karat dan kerak pada keramik. Caranya adalah dengan menaburkan kaporit yang sudah siapkan di atas permukaan keramik. Kemudian diamkan sejenak dan bersihkan dengan air bersih. Jika masih ada noda atau kotoran yang menempel bisa diulangi lagi agar semua kotoran yang menenmpel terangkat semua.

3. Tepung Terigu

Tepung terigu juga bisa digunakan untuk membersihkan keramik. Apalagi keramik yang sering terkena minyak. Fungsi utama dalam membersihkan keramik ini adalah tepung terigu dapat menyerap minyak yang menempel pada permukaan keramik. Caranya adalah dengan menaburkan tepung terigu secukupnya ke atas permukaan keramik dan sambil digosok-gosok dengan kain agar minyak dan kotoran-kotoran ada mudah terangkat. Tahap terakhir bersihkan dengan air bersih untuk menghilangkan tepung terigu yang masih menempel di permukaan keramik.

4. Baking Soda

Baking soda merupakan bahan yang mudah didapatkan dan tersedia di rumah kita. Cara membersihkan keramik dengan baking soda adalah bantuan kain yang dibasahi dengan air kemudian dicampur dengan baking soda. Dengan begitu keramik kita akhirnya bersih dan mengkilap dan tentunya bersih.

5. Cairan Pembersih (karbol)

Cara yang sering kita lakukan untuk membersihkan keramik berkarat dan berkerak. Perlu diperhatikan bahwa untuk pemakaian ini sangat hati-hati karena bahan ini mengandung zat kimia cukup keras yang dapat mengangkat kotoran yang menempel di keramik. 

6. Asam Sitrat

Asam sitrat juga mampu membersihkan keramik yang kotor dan berwarna kusam. Caranya adalah dengan membuat asam sitrat menjadi pasta agar mudah mengaplikasikannya ke keramik. Keramik yang kotor dioleskan dengan pasta yang dibuat tadi dan didiamkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan dengan kain.

8. Ampas Kelapa

Ampas kelapa dari dulu sudah dipakai oleh orang untuk membersihkan lantai. Dan sekarang pun masih dipakai untuk membersihkan lantai. Dengan ampas kelapa dapat mengkilapkan keramik dan membersihkan kotoran yang menempel di permukaannya. Setelah menggosokkan ampas kelapa ke permukaan keramik kemudian bersihkannya maka akan terlihat keramik bersih dan mengkilap.

Nah, sangat mudah untuk membersihkan keramik yang berkarat dan berkerak yang akhirnya keramik kita menjadi bersih dan mengkilap.

Post a Comment

0 Comments