3 Hal Penting yang Ada pada Surat Lamaran Pekerjaan

3 Hal Penting yang Ada pada Surat Lamaran Pekerjaan


3 Hal Penting yang Ada pada Surat Lamaran Pekerjaan
3 Hal Penting yang Ada pada Surat Lamaran Pekerjaan

Assalamualaikum, selamat berjumpa lagi di blog saya www.papan-tulis.com ini. Pada Kesempatan ini saya ingin berbagi salah satu materi yang diajarkan di kelas XII (dua belas) semester satu tentang menulis surat lamaran pekerjaan.


Materi ini kita akan membahas tentang 3 (tiga) hal penting yang ada pada surat lamaran pekerjaan. 3 (tiga) hal penting ini merupakan bagian penting dari surat lamaran. Jika kamu saat ini masih sekolah mungkin surat lamaran pekerjaan ini belum terasa kebermanfaatannya karena mungkin kamu belum terpikirkan untuk mencari pekerjaan.


Langsung saja kita masuki materi tentang 3 (tiga) hal penting yang ada pada surat lamaran pekerjaan. Yaitu:

1. Tesis

2. Argumentasi

3. Penegasan


Berikut saya jelaskan satu persatu dari 3 (tiga) materi di atas.

1. Tesis

Tesis merupakan pernyataan umum yang bersifat menurut pandangan (perasaan) sendiri (subjektif). Kenapa disebut tesis dalam surat lamaran pekerjaan subjektif? Karena di dalam surat lamaran pekerjaan terdapat pernyataan si pelamar pekerjaan mengemukakan dirinya agar bisa diterima dan layak bekerja serta bekerjasama.


Contoh dari tesis dalam surat lamaran pekerjaan adalah

“Saya selalu bersedia untuk bekerjasama dan mendedikasikan diri secara profesional untuk bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin karena kemampuan dan keterampilan yang saya miliki.


2. Argumentasi

Bagian penting yang kedua dalam menulis surat lamaran pekerjaan adalah argumentasi. Argumentasi harus ada di dalam surat lamaran pekerjaan.


Fungsi dari argumentasi dalam surat lamaran pekerjaan ini adalah sebagai penguat dari bagian tesis. Lalu apa bentuk atau wujud dari argumentasi tersebut?


Jawabannya adalah biografi singkat pelamar. Dengan adanya biografi singkat pelamar tersebut maka pelamar memberikan bukti dan argumentasi untuk dapat diterima pada perusahaan yang dilamarnya.


3. Penegasan

Untuk meyakinkan bahwa diri kita layak diterima, maka perlu adanya penegasan di dalam surat lamaran pekerjaan. Ini juga merupakan penguatan dari tesis surat lamaran pekerjaan. Lalu apa contoh penegasan dari surat lamaran pekerjaan?


Ini dia contohnya:

“Demikian surat permohonan ini saya sampaikan, besar haparan saya agar Bapak/Ibu dapat mempertimbangannya, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih”.


Nah itulah 3 (tiga) hal penting yang ada pada surat lamaran pekerjaan. Semoga dengan adanya materi ini kita mendapat informasi dan wawasan baru serta bagi yang ingin melamar pekerjaan diterima dengan mudah. Amin. 


Lihat Juga

Post a Comment

0 Comments