6 Manfaat Bersyukur untuk Hidup Lebih Baik

6 Manfaat Bersyukur untuk Hidup Lebih Baik

Bersyukur merupakan salah satu sifat yang baik dan harus kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Bersyukur tidak hanya dengan kata-kata dan  ucapan tetapi juga disertai dengan perilaku dan tindakan.

Kita sering mengucapkan kata “saya bersyukur diberikan kehidupan yang enak berkecukupan.”. Lalu ada satu pertanyaan apa itu syukur. Apakah bersyukur hanya cukup dengan berkata-kata?

Dikutip melalui Wikipedia bersyukur atau rasa terima kasih perasaan atau sikap positif menghargai faedah atau nikmat yang telah atau akan diterima.

Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti merasakan bermacam-macam. Ada perasaan yang bahagia, senang, suka dan sedih selalu mengiringi kehidupan kita. Tidak mungkin manusia selalu bahagia selama hidupnya.

Tapi kita bisa membuat hidup kita lebih banyak dengan perasaan bahagia daripada perasaan sedih. Salah satu kunci dari meraih kebahagian adalah dengan sering-sering bersyukur.

Bersyukur merupakan kata yang biasa kita dengar dari orang-orang untuk memberikan nasihat atau kalimat penyabar kepada seseorang.

Lalu bagaimana yang didapat dari manfaat dari menerapkan rasa bersyukur. Ada banyak yang didapatkan dari rasa bersyukur terhadap diri kita. Berikut ini beberapa manfaatnya

6 Manfaat Bersyukur untuk Hidup Lebih Baik

6 Manfaat Bersyukur untuk Hidup Lebih Baik

1.Nyaman

Di saat kita merasakan banyak himpitan dalam kehidupan, Cobalah untuk menerapkan rasa bersyukur dengan memikirkan bahwa dengan posisi kita sekarang masih baik daripada orang lain.

Misalnya kita merasakan dirinya tidak memiliki uang banyak untuk jalan-jalan. Coba untuk bersyukur bahwa di luar sana masih banyak dari pagi sampai malam masih bekerja. Padahal kita bekerja hanya sebentar saja dan mendapatkan hasil yang banyak.

2. Memberikan Aura Positif

Dengan perasaan bersyukur maka akan membentuk perasaan yang positif. Positif di sini kita akan memikirkan hal-hal yang baik. 

Misalnya kita bersyukur dengan apa yang ada maka kita merasakan aura positif dan akhirnya memberikan kekuatan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

3. Kesejahteraan

Benarkah dengan menerapkan rasa bersyukur akan memberikan kesejahteraan? Ya, dengan rasa bersyukur akan memberikan efek yang baik.

Kesejahteraan itu tidak mesti dengan banyaknya harta yang dikumpulkan. Dengan hati yang tenang dan nyaman merupakan kesejahteraan yang paling nikmat.

Misalnya kita makan dengan nasi putih dengan lauk telur ceplok. Dengan rasa bersyukur, makanan yang kita makan tersebut terasa nikmat. Karena hati kita tenang dan nyaman karena ada rasa syukur karena bisa makan.

4. Keberkahan

Dengan bersyukur pun kita mendapatkan keberkahan. Keberkahan menjadikan hidup lebih mudah dan nyaman. 
Misalnya bersyukur dengan hanya mendapatkan penghasilan sedikit tetapi mencukupi biaya hidup selama satu bulan. Nah dengan kecukupan tersebut merupakan berkah. 

Belum tentu orang yang banyak uangnya bisa mencukupi keperluannya selama satu bulan. Tapi dengan bersyukur kita bisa mencukupi segala keperluan.

5. Menjauhkan dari Penyakit Hati

Kita bersyukur diberikan oleh Tuhan kesehatan dan harta yang cukup.  Memang benar bahwa dengan meningkatkan rasa syukur kita akan menjauhkan dari penyakit hati. 

Dengan Bersyukur kita akan dijauhkan dari sifat iri dan dengki kepada orang lain. Dan malah akan memberikan kita semangat untuk bersaing secara positi untuk lebih maju dan lebih baik lagi.

6. Menambah Rejeki

Bagian ini yang paling banyak orang mengetahui tetapi diabaikan dalam kehidupannya. Padahal salah satu pintu rezeki itu terbuka dengan adanya rasa syukur kepada tuhan bahwa rejeki kita pada hari ini sangat luar biasa dan sangat bermanfaat.

Dan dengan bersyukur itu kita bermacam-macam rejeki yang diperoleh dari pikiran yang positif, teman banyak, jauh dari sifat yang tidak baik dan akhirnya meningkatkan pendapatan.

Dengan meningkatkan rasa syukur, Kita akan merasa tentram dan tenang serta dengan Tuhan yang memberikan kita kehidupan yang indah dan bahagia. Semoga kita dapat menerapkan rasa syukur ini di segala sendi kehidupan serta menerapkannya melalui bukan hanya perkataan tetapi juga perilaku dan tindakan.

Demikian, semoga tulisan ini memberikan manfaat untuk kita semua. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments