Contoh Cerpen Tentang Liburan Sekolah di Rumah

Cerpen Tentang Liburan Sekolah di Rumah
Cerpen Tentang Liburan Sekolah di Rumah

Hai, kamu sedang menikmati liburan? atau kamu telah selesai menikmati liburan?
yang sekarang lagi menikmati liburannya ayo manfaatkan waktu liburan dengan kegiatan yang bermanfaat ya....

Dan untuk kamu yang saat ini telah selesai liburannya ayo semangat lagi untuk belajar dan menuntut ilmu di sekolah agar kita menjadi anak yang pandai dan berprestasi.

Pada saat kita liburan kadang-kadang ada tuh bapak atau ibu guru memberikan kita oleh-oleh untuk liburan yaitu tugas. Ya tugas pasti ada yang merasakan pada saat menjelang liburan kita diberikan tugas oleh guru kita. Salah satu tugas yang diberikan guru mata pelajaran bahasa Indonesia adalah membuat karangan tentang kegiatan selama liburan di rumah. 

Contoh Cerpen Tentang Liburan Sekolah di Rumah


Bagi teman-teman kita yang suka baca dan menulis, tugas ini sangat enteng dan mudah dikerjakan. Tapi bagi kita-kita ini jangankan menulis membaca saja sudah puyeng bos melihat huruf demi huruf. Padahal jika kamu tahu caranya menulis karangan itu sangat mudah dan gampang.

Yang harus kamu lakukan dalam menulis karangan adalah pede aja dulu dengan tulisan yang dibuat soal jelek dan tidak enak dibaca urusan belakangan. Dan juga penting kita bisa memilih kata-kata dan merangkainya agar menjadi sebuah tulisan yang bertemakan tentang liburan sekolah di rumah.

Berikut ini merupakan contoh cerpen atau karangan singkat yang bisa menjadi inspirasi bagi kamu yang ingin menulis sebuah karangan.

Karangan 1

Liburan di rumah kakek

Cerpen tentang liburan sekolah di rumah
Cerpen tentang liburan sekolah di rumah

Hari ini merupakan hari pertama libur sekolah. Ayahku sudah berjanji ingin mengajakku untuk berlibur di rumah kakek di desa. Sudah cukup lama aku tidak menjenguk kakekku bukan karena malas atau tidak mau ke sana tapi karena jarak rumah kakekku dengan rumah sangat jauh dan juga karena sekolah.

Pada hari ini Aku sangat senang karena bisa bertemu dengan kakek lagi. Barang-barang bawaanku sudah kusiapkan sejak malam tadi dan tidak lupa oleh-oleh sudah siap di bawa menuju ke tempat kekekku.

Setelah sampai ke rumah kakekku Aku langsung disuguhi dengan pemandangan yang indah asri dan menyenangkan. Sangat berbeda dengan tempat kami tinggal yang penuh dengan polusi udara dan hiruk pikuk orang-orang dalam bekerja.

Di rumah kakek setelah bangun tidur bergegas untuk menunaikan shalat subuh dan setelah itu sarapan. Hari ini aku diajak oleh kakekku untuk pergi ke sawah. Kebetulan padi kakek sudah siap dipanen.

Akupun dengan senang hati ikut kakek ke sawah. Karena Aku tidak bisa menggunakan arit untuk memotong padi maka kata kakekku aku pakai pisau kecil saja tapi harus hati-hati menggunakannnya.

Selesai memanen padi kemudian kami lanjut untuk memisahkan biji-biji padi dengan tangkainya dengan dipukul-pukul sampai biji padi tidak ada lagi yang di tangkainya.

Cukup melelahkan ternyata bertani tapi Aku senang karena ada pengalaman baru yang Aku dapatkan yaitu bagaimana cara memanen padi. Dan tidak kalah asyiknya lagi Aku suka sekali mandi di sungai karena airnya sangat jernih dan menyenangkan.

Dan kami istirahat di pondokan kecil. Kemudian kami makan siang dengan lahapnya padahal hidangan yang disajikan sangat sederhana yaitu nasi putih, sayur bening, lauknya ikan asin dan tempe serta tidak ketinggalan sambel.

Itulah ceritaku tentang liburan di rumah kakek.


Karangan 2

Pulang kampung ketika Ramadhan

Cerpen tentang liburan sekolah di rumah
Cerpen tentang liburan sekolah di rumah

Seminggu sebelum ramadhan tiba ani sudah berencana pulang ke Jogja untuk bertemu kakek dan nenek,dan ani pun berbincang kapada ayah dan ibunya untuk mengajak ke Jogja sebelum Ramadhan. 

Kemudian Ayah betanya  apakah kita akan pulang kampung sebelum Ramadhan? dan Ayah merasa tidak,mungkin sebelum Idul Fitri kita baru berangkat ke Jogja. Tapi dalam hatiku, aku ingin sekali berpuasa bersama dengan kakek dan nenek di jogja apakah boleh kita berangkat sebelelum Ramadhan selesai

Kemudian ayah menyuruhku untuk bertanya kepada ibu apakah kita pulang kampung ke Jogja mengunjungi kakek dan nenek di sana.

Kemudian sambil memandangi wajahku ibu mengangguk dan berkata "jika itu maumu ayo kita berangkat tapi kalau sudah ada di rumah kakek jangan nakal ya" kata ibu.

Akhirnya Ani senang dan gembira karena akan pergi ke Jogja untuk menemui kakek dan neneknya. Dan esok harinya ayah Ani pagi-pagi ke tempat bengkel untuk mempersiapkan mobil guna mengunjungi rumah nenek di Jogja.


Baca Juga

Cerita Pendek (Cerpen) Cinta Tak Berujung

Post a Comment

0 Comments