Cara mudah dan Sederhana Ini Bisa Menghemat Uang Belanja dan Jajan

Cara mudah dan Sederhana Ini Bisa Menghemat Uang Belanja dan Jajan

Belanja dan jajan merupakan suatu aktivitas yang menyenangkan. Dikatakan suatu aktivitas menyenangkan karena Kita bisa membeli barang yang kita suka dari baju sampai makanan. Tapi seringkali kita selalu terpengaruh dengan godaan yang ingin ini dan ingin itu sehingga tidak menyadari bahwa kita membelanjakan uang kita untuk hal dan barang yang kita anggap tidak penting.

Ada pepatah mengatakan “hemat pangkal kaya”. Ya memang benar bahwa hemat itu akan mengurangi pengeluaran kita yang awalnya banyak menjadi sedikit. Dengan mengubah pola hidup hemat otomatis pengeluaran kita mulai dari belanja harian mingguan dan bulanan akan menyusut dan dapat disisihkan untuk keperluan yang lainnya.

Menjalankan pola hidup yang hemat merupakan hal yang memang susah dan sulit untuk dijalankan. Apalagi kita yang sedang menjadi anak kos-kosan yang jauh dari orang tua dan hanya bisa menunggu kiriman datang. Atau kamu yang masih duduk di bangku sekolah yang masih suka jajan dengan menerapkan pola hidup hemat ini bisa membantu dompetmu aman dari krisis keuangan.

Berikut ini bisa Anda lakukan bagaimana cara menghemat uang belanja dan jajan.

1. Belajar disiplin

Pangkal utama untuk bisa menghemat uang belanja dan jajan adalah dengan belajar disiplin. Disiplin adalah sebuah rasa taat dan patuh terhadap nilai dan norma yang dianggap sebagai tanggung jawab.

Untuk memulai bagaimana cara agar kita bisa disiplin dalam menghemat uang belanja adalah kita harus komitmen dengan apa yang kita buat dan agar uang belanja dan jajan bisa dihemat. Misalnya kita hari ini belajar untuk menabung maka kita harus komitmen dengan apa yang sudah kita rencanakan.

2. Bawa uang secukupnya

Kadang-kadang kita terbuai dengan uang belanja dan jajan yang banyak di dalam dompet kita. karena merasa bahwa duit yang dibawa banyak maka godaan untuk membeli benda atau barang semakin kuat.

Agar hal tersebut tidak terjadi maka kita bisa mengantisipasinya dengan membawa uang secukupnya. Serta sebelum berangkat misalnya ke pasar atau ke tempat perbelanjaan sebisa mungkin kita sudah membuat daftar belanja agar kita bisa menghemat uang kita.

Jika hal ini diterapkan akan membantu kita agar bisa disipilin dan kita fokus untuk membeli barang-barang yang kita butuhkan bukan barang yang kita inginkan.

3. Bawa uang yang masih baru

Trik ini gua cukup bermanfaat untuk kita agar uang kita selamat dari kata boros. Coba pilah uang kertas yang baru agar kita tersugesti bahwa sayang sekali uang yang masih baru ini digunakankan untuk belanja dan lebih baik disimpan atau ditabung.

Setiap orang pasti suka dan menyayangi hal-hal yang baru apalagi uang yang masih baru. Jadi trik ini bisa kita lakukan agar bisa menghemat uang belanja dan jajan.

4. Tulis yang ingin dibeli

Tulis lah apa yang ingin dibeli agar ketika berapa di pasar atau pusat perbelanjaan kita tidak jalan-jalan ke sana kemari ingin melihat benda atau barang dan akhirnya kita membeli barang tersebut.

Tulis yang akan dibeli dan pilihlah barang atau benda yang dibutuhkan saja untuk meminimalisir membawa uang yang banyak.

Dan trik ini harus didampingi juga dengan sikap yang disiplin. Jika tidak disiplin maka trik ini akan menjadi sia-sia dan akhir uang belanja dan jajan kita akan jebol.

5. Batasi waktu belanja

Ini juga trik yang bagus diterapkan agar uang belanja dan jajan kita aman dan bisa dihemat. Sebelum berangkat kita harus membuat komitmen dengan diri sendiri bahwa kita akan pergi berbelanja ada batasan waktu.

Trik ini berguna untuk kita supaya kita berada di tempat perbelanjaan tidak lama-lama dan tidak tergiur dengan apa yang ada di sana. Meskipun trik ini sangat sederhana tapi ini bisa membantu keuangan kita agar hemat dan bisa ditabung untuk keperluan yang lain.

6. Batasi tempat yang ingin dikunjung

Bagi Anda yang sering berkunjung ke tempat perbelanjaan pasti akan ingat dimana para pemilik dan karyawan menempatkan barang-barangnya ditempatkan. Nah untuk menghemat waktu dan uang belanja dan jajan Anda maka buatlah rute jalur belanja.

Dengan begitu kita tidak akan mudah tergoda dengan benda dan barang lain yang sudah ditulis di catatan belanja. Dengan demikian yang di dapat dari trik ini adalah bisa menghemat uang, waktu dan sekaligus tenaga.

7. Selalu sarapan di rumah

Biasakan untuk sarapan di rumah agar kita di saat berada di luar rumah tidak membeli sesuatu untuk dijadikan sebagai sarapan di pagi hari.

Hal ini sangat efektif karena ketika perut sudah kenyang maka pikiran kita untuk membeli makan tidak terpikirkan lagi. Cobalah trik ini agar kita bisa menghemat uang belanja dan jajan kita.

8. Bawa bekal dari rumah

Jika sudah terbiasa dengan sarapan di rumah kita bisa membawa bekal dari rumah. Kebiasaan sederhana ini banyak memiliki manfaat untuk kita. bukan saja mampu menghemat uang kita tetapi yang kita dapatkan adalah makanan yang kita masak lebih aman karena kita mengetahui apa saja isi dari bekal yang kita bawa.

Dan tidak hanya itu bekal yang kita bawa dari bisa dilengkapi dengan nutrisi dan gizi yang kita mau sesuai kebutuhan tubuh kita.

Demikian semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu kita menghemat uang belanja dan uang jajan. Dan bisa mengalokasikan dananya untuk keperluan yang lainnya lagi.

Post a Comment

0 Comments