Cara dan Tips Memotivasi Diri Lebih Giat dan Tekun untuk Belajar

Cara dan Tips Memotivasi Diri Lebih Giat dan Tekun untuk Belajar

Cara dan Tips Memotivasi Diri Lebih Giat dan Tekun untuk Belajar
Cara dan Tips Memotivasi Diri Lebih Giat dan Tekun untuk Belajar

Pada kesempatan ini berbagi kepada anda bagaimana cara saya memotivasi diri agar lebih giat dan tekun untuk belajar. Cara ini merupakan cara saya sendiri untuk memotivasi diri agar lebih giat lagi dalam belajar.


Ketika pada saat belajar kadang-kadang kita merasakan adanya rasa bosan dan jenuh. hal tersebut menurut saya wajar karena pada dasarnya belajar itu memang hal yang kurang menyenangkan bagi sebagian termasuk saya. 

Saya merasa kesulitan untuk memulai belajar. Tapi dengan memotivasi diri saya akhirnya sedikit demi sedikit kegiatan belajar saya meningkat. 

Lalu Bagaimana cara saya memotivasi diri saya lebih giat dan tekun untuk belajar. berikut ini saya bagikan Semoga saja bisa diterapkan oleh Anda yang saat ini merasa bosan ataupun jenuh dalam belajar.

Cara dan tips motivasi yang saya lakukan adalah sebagai berikut:

Bergabung dengan teman yang suka belajar

Cara ini saya anggap cara yang mudah untuk memotivasi diri lebih giat dan tekun belajar. dengan adanya teman yang suka belajar secara tidak langsung kita pun akhirnya ikut terbawa dengan suasana belajar. 

Dalam kegiatan ini kita bisa melakukan tanya jawab kepada teman kita yang bisa saja kita tidak memahami tetapi teman kita sudah paham atau bisa juga sebalik kita yang sudah paham tetapi teman kita belum paham.

Cara ini menurut merupakan cara sangat manjur karena tidak hanya kegiatan belajar yang tidak dapat tetapi juga kita mendapatkan teman yang baik yang bisa meningkatkan kemampuan kita.

Baca juga 

Saya ingin menjadi orang yang bermanfaat 

saya sering memberikan sugesti kepada diri saya dengan perkataan seperti ini Saya ingin menjadi orang yang bermanfaat. 

Lalu bagaimana caranya agar menjadikan diri saya bisa menjadi orang yang bisa memberikan manfaat kepada orang lain, sedangkan Saya tidak mempunyai apa-apa hanya biasa-biasa saja dan tidak tergolong dari orang yang kaya dan banyak harta. Nah oleh karena itu mau tidak mau pilihan saya adalah belajar dengan tekun.

mungkin perkataan ini terlalu umum karena setiap orang juga ingin menjadikan dirinya bermanfaat baik untuk dirinya, keluarganya, sahabatnya, maupun orang di sekitarnya. Tapi dengan cara ini tidak salahnya diterapkan agar kita bisa meningkatkan motivasi agar lebih giat dan tekun dalam belajar.


Saya tidak ingin diremehkan oleh orang lain

mungkin karena kehidupan kami yang serba sederhana dan orang tua yang hanya tinggal di kampung. Maka saya berpikir bahwa Saya tidak ingin keluarga saya diremehkan orang lain. 

Saya berpikir seperti itu untuk mengantisipasi agar tidak ada orang lain yang meremehkan diri saya maupun keluarga saya.

Saya selalu ingat akan nasehat orang tua di rumah

Banyak sekali nasehat-nasehat yang diberikan oleh orang tua saya kepada saya terlebih dalam hal belajar. Karena dengan belajar kita bisa menjadikan diri kita lebih baik dan kita bisa bersaing dengan teman-teman kita.

Nasihat dari orangtua merupakan sesuatu yang sangat berharga. Dengan Nasihat kita secara tidak langsung sudah belajar dengan orang tua bagaimana menjalani hidup ini dengan baik.

Saya tidak ingin menjadi orang yang biasa-biasa saja

Dalam pemikiran saya Saya tidak ingin menjadi orang yang biasa-biasa saja. kemudian saya membuat kalimat seperti ini 

“jika saya belajar biasa-biasa saja maka saya akan mendapatkan nilai yang biasa-biasa saja, jika saya mendapatkan nilai biasa-biasa saja maka naik kelas biasa-biasa saja dan dengan nilai yang biasa-biasa saj. Akhirnya saya lulus sekolah membawa ijazah dengan nilai biasa-biasa saja. Kemudian karena nilai ijazah yang biasa saja saya masuk ke perguruan tinggi yang biasa-biasa saja dan akhirnya saya lulus perguruan tinggi tersebut dengan biasa-biasa saja dan akhirnya mendapatkan pekerjaan, mendapatkan istri, dan penghasilan yang biasa-biasa saja".

Maka dari itu saya berpikir bahwa saya tidak mau menjadi orang yang biasa-biasa saja dan saya mau menjadi orang yang luar biasa yang mampu bermanfaat dan bisa membahagiakan orang yang ada di sekeliling saya.

Saya ingin membanggakan orang tua

Setiap anak pasti ingin membahagiakan dan membanggakan kedua orang tuanya. saya pun juga demikian karena Saya tidak ingin kedua orang tua saya merasa hanya bisa membebani. 

karena masih duduk di bangku sekolah hanya ada 1 cara yaitu bisa membahagiakan kedua orang tua saya yaitu dengan belajar yang lebih giat.

Itulah sedikit cara saya agar bisa meningkatkan motivasi dalam belajar. Setiap orang berbeda cara dalam hal meningkatkan belajarnya jadi tidak salahnya jika anda mencoba cara dan tips di atas. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments