2 Cara Melepaskan Sisa Patahan Kran yang Tertinggal di Pipa

2 Cara Melepaskan Sisa Patahan Kran yang Tertinggal di Pipa
2 Cara Melepaskan Sisa Patahan Kran yang Tertinggal di Pipa

Mungkin kita pernah mengalami ketika ingin membuka kran air di kamar mandi atau WC tiba-tiba kran air yang dibuka tersebut patah padahal kita pada saat itu sangat memerlukan air. 

Dan mungkin membuat hati kita jengkel sisa patahan kran air tersebut masih menempel di dalam pipa . 

Kran air yang patah dan meninggalkan sisa patahannya di pipa bisa disebabkan karena umur kran air tersebut sudah tua.

Pemasangan yang masih keliru dan kran air yang terkena panas dan hujan yang akhirnya mempercepat pelapukan.

Berikut ini ada beberapa cara untuk melepaskan sisa patahan kran air yang masih tertinggal di dalam pipa. 

Semoga dengan tulisan ini dapat membantu bagaimana cara melepaskan sisa patahan tersebut tanpa memanggil tukang, memotong pipa tersebut dan yang lebih penting menghemat pengeluaran.

1. Menggunakan Pisau
Caranya adalah pisau yang digunakan adalah pisau masuk ke dalam pipa dan bagian atas dan bawah pisau tersebut di menyentuh sisa patahan kran air. 

Jika sudah dirasa pas dan ketat putarlah pisau tersebut berlawanan dengan arah jarum jam. Putarlah sampai sisa kran air yang ada di dalam pipa tersebut terlepas dari pipa.

2. Menggunakan Tang
Cara yang kedua ini menggunakan tang dan ditambah dengan kain yang kering. Tang yang sudah disiapkan tadi dibalut dengan kain kering. 

Kemudian tang tersebut dimasukan ke dalam pipa yang ada sisa patahan kran air. Kain yang dibalut tadi harus sampai ketat agar kain kering tersebut menempel dengan patahan kran air. 

Jika dirasa sudah ketat putarlah tang berlawan dengan arah jarum jam dan putar sampai patahan kran air tersebut keluar dari pipa.

Jika sudah selesai mengeluarkan sisa patahan pipa tersebut silakan untuk memasang kran air yang baru sesuai dengan petunjuk. 

Perhatikan juga ketika memasang kran air balutlah drat kran dengan isolatif pipa. Dan akhirnya kran air yang rusak karena ada patahan kran air bisa digunakan seperti semula.

Bagaimana? Mudah bukan. Tidak perlu biaya dan peralatan yang lengkap untuk melepaskan patahan kran air yang tertinggal di dalam pipa. 

Dan yang terpenting adalah kita bisa memperbaiki peralatan rumah kita jika terjadi kerusakan.

Demikian yang dapat kami bagikan semoga bermanfaat untuk kita semua. Amin. 

Post a Comment

0 Comments