Tanaman Merambat yang Dapat Memperindah Halaman Rumah

tanaman merambat yang dapat memperindah halaman rumah
tanaman merambat yang dapat memperindah halaman rumah

Tanaman merambat ternyata dapat memperindah halaman rumah dan tanaman rambat ini merupakan cara kita yang ingin membuat halaman rumah terlihat indah, rapi dan asri. Dan tidak hanya itu, dengan menanam tanaman di halaman rumah kita dapat memproduksi oksigen bagi lingkungan kita.


Banyak sekali tanaman yang bisa kita tanam di depan rumah. Salah satunya adalah tanaman rambat, tanaman merambat sangat yang dapat memperindah halaman rumah. Tanaman rambat sangat cocok untuk ditanam di halaman rumah karena tanaman ini tidak perlu memerlukan ruang yang banyak seperti tanaman mangga, kelengkeng, rambutan, atau tanaman pohon besar lainnya.


Tanaman Merambat yang Dapat Memperindah Halaman Rumah

Menurut wikipedia tanaman atau tumbuhan rambat merupakan salah satu habitus tumbuhan. Sesuai dengan namanya, tumbuhan ini memerlukan tumbuhan lain (biasanya pohon) untuk meraih posisi terbaik dalam kompetisi mendapatkan cahaya matahari. 


Tumbuhan merambat tumbuh di dasar hutan sehingga hanya mendapatkan sedikit cahaya matahari. Karena batangnya lemah, ia mengembangkan beberapa organ khusus, seperti sulur, duri, atau akar udara untuk membantunya bertahan hidup dengan "menumpang" pada struktur lain yang lebih tinggi dan kuat.


Tanaman rambat ini biasanya harus ditopang atau dibantu agar tanaman ini bisa merambat sesuai dengan keinginan kita. kita bisa membentuknya seperti atap kanopi untuk memberikan naungan di bawahnya. ada juga yang membentuknya seperti pagar rumah dan ada juga yang membiarkannya tumbuh liar sesuai keinginannya.


Ada beberapa jenis tumbuhan rambat yang cocok untuk ditanam di halaman rumah. Berikut adalah contohnya:


Daun Dollar

Daun dollar sangat cantik jika kita tanam dan rawat kemudian kita atur percabangannya. Tanaman Daun dollar ini bisa bisa merambat di dinding rumah dan dapat merambat di batang pohon. Akan tetapi perlu kehati-hatian jika kita merambatkan tanaman ini ke dinding rumah kita karena bisa merusak dinding rumah kita.


Morning Glory

Mungkin masih asing di telinga kita jika mendengar tanaman morning glory. Tanaman ini diperkenalkan untuk pertama kalinya di jepang pada abad ke 9. Tanaman ini sangat indah mempesona dan berkharismatik karena bunganya. Jika diperhatikan tanaman ini bentuk bunganya mirip dengan bunga tanaman kangkung.


Melati Irian

Melati irian atau bisa juga disebut dengan Flame of Irian. Tanaman merambat ini juga cocok untuk di tanam di halaman rumah kita karena warna bunga yang menyala seperti api. Tanaman ini bisa kita rambatkan dengan menggunakan kayu atau besi untuk menaungi halaman rumah kita.


Sirih Gading

Sirih gading juga sangat cantik untuk memperindah halaman rumah kita. warnanya perpaduan hijau dan putih gading membuat tanaman di halaman rumah tidak hanya berwarna hijau saja. Tanaman ini biasanya merambat pada kayu atau turus yang dibuat dari anyaman ijuk atau sabut kelapa.

 

Sirih Merah

Selain khasiatnya untuk pengobatan sirih merah dapat juga menjadi referensi kita untuk menambah koleksi tanaman rambat di halaman rumah. Warna daun yang tidak biasa seperti sirih hijau pada umumnya, sirih ini memiliki warna hijau kemerah-merahan. Nah selain menjadi obat herbal di halaman rumah tanaman ini juga dapat menjadi penghias halaman rumah kita.


Anggur

Tanaman terakhir ini sudah sangat populer di kalangan pecinta tanaman. Tanaman ini sudah ada di Indonesia sejak zaman belanda. Tanaman ini bukan hanya daunnya yang terlihat menarik dan berbeda tetapi buahnya pun dapat kita nikamati bersama keluarga kita di rumah.

Anggur merupakan tanaman yang merambat yang memiliki sulur yang berfungsi sebagai pegangan ke benda lainnya. Anggur sangat cocok sekali untuk penghias halaman rumah kita.


Nah itulah sedikit paparan tentang tanaman merambat yang dapat memperindah halaman rumah semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi untuk memperindah halaman rumah kita.


Baca juga:

Cerpen Liburan yang Menyenangkan di Rumah Sendiri

Contoh Cerpen Tentang Liburan Sekolah di Rumah

Pewarna Makanan Alami dari Tumbuhan (Buah dan Sayuran dll)

Post a Comment

0 Comments