Identifikasi Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjan Bahasa Indonesia

 Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjan
Identifikasi Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjan Bahasa Indonesia

Materi kita pada hari ini adalah tentang mengidentifikasi unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan. Silakan untuk disimak dan dipelajari.

Menurut Rohmadi dan Rustamaji (2010:4) surat lamaran yang akan kita tulis dapat kita ajukan berdasarkan dari sumber di bawah ini

Iklan

Banyak sekali informasi zaman untuk mencari melalui iklan. Jika zaman dulu masih terbatas untuk mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan tapi zaman sekarang di rumah dan dengan bantuan smartphone kita dapat menemukan iklan yang memberitahukan kita tentang adanya lowongan pekerjaan.

Contoh:

Setelah membaca iklan di instagram yang dimuat pada tanggal 21 Agustus 2020 bahwa perusahan Bapak/Ibu sedang mencari pegawai baru untuk mengisi bagian personalia. Maka berkenaan iklan tersebut saya mengajukan diri….

Informasi dari orang lain

Informasi dari orang lain juga dapat dijadikan sebagai sumber informasi di dalam surat lamaran pekerjaan. Informasi tersebut bisa di dapat dari teman, keluarga atau kenalan dari seseorang.

Contoh:

Menurut informasi dari Bapak Iwan, Perusahaan yang sedang Bapak/Ibu pimpin sedang membutuhkan pekerjaan di bidang akuntansi. Sehubungan dengan hal tersebut saya ingin mengajukan diri untuk bergabung dan bekerjasama di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Pengumuman resmi dari suatu instansi atau perusahaan

Ada juga langsung dari perusahaan atau instansi yang mengumumkan secara resmi membuka lowongan pekerjaan. Biasanya pengumuman tersebut dapat ditemukan atau bersumber dari informasi dari website resmi dan spanduk yang dipasang dekat kantor

Contoh:

Berdasarkan pengumuman resmi nomor …. Tanggal…. Tentang penerimaan pegawai baru di CV…. Maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Permohonan instansi atau perusahaan kepada sekolah

Suatu instansi atau perusahaan juga ada yang memberikan informasi kepada sekolah untuk diinformasikan kepada siswa tentang dibukanya penerimaan pegawai atau karyawan.

Contoh:

Berdasarkan informasi yang diberikan SMA … tentang permohonan kerja dari perusahaan yang Bapak/ibu pimpin. Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Inisiatif diri sendiri

Dan biasa ada juga yang mencoba-coba untuk memasukan surat lamaran pekerjaan ke suatu instansi atau perusahaan tanpa ada sumber atau informasi sebelumnya.

Contoh:

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:


Dari penulisan sumber informasi lowongan pekerjaan di atas, dapat kita lihat perbedaan yang jelas. Terdapat perbedaan susunan kalimat bahasa yang dapat ditulis sesuai dengan penulisan sumbernya.

Ada ketentuan yang selalu diperhatikan dalam menulis surat lamaran pekerjaan. Yaitu:
  • Bahasa yang digunakan dalam menulis surat lamaran pekerjaan harus baik dan benar.
  • Biasanya surat lamaran pekerjaan itu ditulis dengan tulisan tangan, tapi ada juga dari pihak yang membuka penerimaan pegawai atau karyawan membolehkan dengan diketik.
  • Bahasa dalam surat lamaran pekerjaan yang dipakai harus kalimat yang sopan.
  • Bahasa surat lamaran pekerjaan terdapat kata pengantar jelas, singkat, padat, dan informatif, serta sesuai tujuannya.
  • Surat lamaran pekerjaan harus ditulis dengan tulisan yang bersih dan mudah untuk dibaca.
  • bagian-bagian lamaran pekerjaan haruslah lengkap sesuai dengan penulisan surat lamaran pekerjaan


Demikian materi tentang identifikasi unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan ini semoga dapat dijadikan sebagai panduan untuk menulis surat lamaran pekerjaan. Amin
Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments