Adab Siswa Saat Menghubungi Guru Via Online

Adab Siswa Saat Menghubungi Guru
Adab Siswa  Saat Menghubungi Guru Via Online

Adab atau etika merupakan suatu karakter yang baik yang harus diselalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Adab tidak saja diterapkan di luar rumah di dalam rumah dan adab kepada sesama orang yang lebih muda pun harus diterapkan. Begitu juga jika kamu seorang siswa pada saat menghubungi guru via online.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia adab adalah kehalusan dan kebaikan budi pekerti; kesopanan; akhlak.

Kita merupakan makhluk sosial yang tidak bisa lepas dari bantuan orang lain atau masyakarat yang setiap hari ada bersama mereka. Oleh karena itu maka adab patut selalu diutamakan dalam berinteraksi kepada sesama.

Nah lalu bagaimana adab kamu sebagai pelajar atau siswa saat menghubungi seorang guru dengan via online?

Berikut akan dijelaskan adab atau etika yang harus dipakai saat menghubungi guru

1. Perhatikan waktu

Yang pertama ini sangat penting dan harus diperhatikan oleh kamu seorang siswa yang ingin menghubungi gurunya via online adalah biasakan untuk menghubungi guru pada saat jam kerja yang biasanya dimulai dari pukul 08.00 sampai pukul 15.30. 

Hindari untuk menghubungi gurunya pada pagi hari sebelum pukul 08.00 karena ini merupakan jam sibuk bagi guru apalagi guru yang akan dihubungi seorang ibu.

Jangan menghubungi guru lewat dari pukul 20.00 karena pada saat jam tersebut merupakan waktu untuk keluarga dan waktu untuk beristirahat serta tidak mau diganggu dengan pekerjaan yang lainnya.

2. Ucapkan salam

Sebelum memperkenalkan diri kepada guru haruslah ucapkan salam misalnya bagi yang sesama beragama Islam gunakan salam misalnya "assalamualaikum bu", 

Dan perlu juga diperhatikan tulisan salam jangan disingkat menjadi "ass". Karena jika diterjemahkan ke dalam bahasa inggris maka artinya kurang sopan.

Jika gurumu memiliki agama atau kepercayaan yang berbeda maka gunakanlah kalimat seperti "selamat siang pak", "selamat sore bu".

3. Gunakan bahasa yang baik dan benar

Gunakanlah bahasa yang baik dan benar serta tidak bertele-tele. Karena kita tidak tahu apakah pada saat kita menghubungi guru tersebut sedang melakukan pekerjaan yang lain yang sangat penting.

Bahasa yang baik adalah bahasa yang digunakan sesuai dengan situasi kondisi dan domisili. Sedangkan bahasa yang benar adalah bahasa yang digunakan sesuai dengan pedoman ejaan umum bahasa Indonesia.

Dan juga hindari bahasa-bahasa yang sulit dipahami oleh guru misalnya tulisan yang disingkat misalnya "saya" menjadi "sy", "bagaimana" menjadi "bagaimn" dan lain sebagainya.

4. Perkenalkan diri

Ini juga penting, jadi sebelum menyampaikan hal yang ingin disampaikan perkenalkan diri dulu. Tidak hanya nama saja yang dikenalkan kepada guru akan tetapi sebutkan juga kelas dan dan jurusan apa.

Contoh:
"Assalamualaikum Pak. Maaf mengganggu waktu Bapak, Saya siswa SMA Bapak Kurniawan kelas XI IPA 4"

5. Langsung kepada permasalahan

Setiap orang memiliki kesibukan, begitu juga guru yang ingin dihubungi jadi jika ingin menghubungi guru setelah salam dan memperkenalkan diri sampaikan langsung tujuan dari menghubungi beliau.

Sampaikan kepada beliau secara singkat, padat dan jelas serta jangan sampaik bertele-tele dan banyak sekali basa-basinya.

6. Jangan memerintah

Jika ingin melalukan pertemuan dengan guru maka janganlah kamu yang mengatur waktunya. Biarkan saja guru yang bersangkutan yang mengatur jadwal pertemuannya. Jangan sampai terkesan bahkan memerintah guru. 

Tanyakan kepada beliau kapan kamu bisa menemui beliau, dan jika sudah ditentukan oleh guru kapan pertemuannya maka jangan sekali-sekali menyuruh guru untuk mengingatkan guru dengan kalimat yang kurang sopan.

7. Ucapkan terima kasih

Gunakan ucapan terima kasih kepada guru yang sudah bersedia meluangkan waktunya untuk membalas pesan atau telpon dari kamu. Ini juga merupakan adan atau etika yang yang baik.

Dan jangan lupa setelah mengucapkan terima kasih tutuplah dengan ucapan salam kepada guru yang sudah dihubungi tadi.

Nah begitulah adab seorang siswa saat menghubungi guru via online, semoga bermanfaat untuk kita semua. Amin

Lihat Juga

Post a Comment

0 Comments