Pekerjaan yang Cocok untuk Kamu yang Hobinya Public Speaking

Pekerjaan yang Cocok untuk Kamu yang Hobinya Public Speaking

Pekerjaan yang Cocok untuk Kamu yang Hobinya Public Speaking
Pekerjaan yang Cocok untuk Kamu yang Hobinya Public Speaking

Banyak sekali pekerjaan zaman sekarang yang awalnya hanya hobi. Hobi yang digeluti tersebut jika ditekuni dengan sunggguh ternyata menjadi pasif income bahkan menjadi priority income atau dalam bahasa Indonesianya adalah pendapatan prioritas salah satunya adalah yang hobinya seputar public speaking.

Bagi kamu yang suka dan hobinya berkaitan dengan public speaking tidak salahnya memperdalam dan meningkatan keterampilan kamu berbicara di depan publik. Dengan memperdalam dan meningkatkan keterampilan dalam public speaking bisa jadi nanti kamu menjadi orang yang sukses dan terkenal.

Publik speaking atau berbicara di depan umum yang dikutip dari wikipedia adalah salah satu teknik atau seni berbicara yang harus dimiliki oleh pembicara untuk mampu menarik perhatian audiens. Dari pengertian di atas dapat kita analisis bahwa ternyata public speaking merupakan salah satu dari keterampilan berbahasa yaitu berbicara. 

Keterampilan berbicara di depan orang (public speaking) dapat kita tingkatkan dengan cara terus berlatih dan belajar. Berikut ini pekerjaan yang berkaitan dengan public speaking

1. Penyiar

Penyiar merupakan seseorang yang membawakan atau menyampaikan informasi kepada publik. Pekerjaan ini merupakan kunci utama suksesnya sebuah acara yang dibawakannya. Penyiar radio misalnya, harus bisa bisa mengolah kata agar para pendengar tertarik dengan apa yang disampaikan oleh si penyiar. 

Bagi kamu yang ingin menjadi seorang penyiar mulai lah dari sekarang belajar dan berlatih agar kemampuan public speakingnya meningkat. Dan jangan heran kalau para penyiar merupakan jembatan menjadi lebih sukses seperti menjadi aktris atau aktor.

2. Pengacara

Pengacara juga memerlukan keahlian lho dalam berbicara. Pengacara akan terbantu untuk memenangkan kasus yang ditanganinya dan mampu meyakinkan para hakim bahwa kliennya tidak bersalah.

Dengan kemampuan public speaking yang bagus serta pandai dalam dengan memahami hukum maka, para calon klien akan berdatangan untuk meminta bantuan agar kasusnya dapat ditangani dan dimenangkan pada persidangan.
  

3. Pembawa acara

Hampir sama dengan penyiar. Pembawa acara merupakan ujung tombak kesuksesan dan keberhasilan sebuah acara yang dipandunya. Pembawa acara atau Master of Ceremony (MC) bertugas untuk mengatur dan memimpin jalannya sebuah acara baik yang sedang disiarkan oleh televisi atau tidak.

Pekerjaan ini menuntut keahlian berbicara yang tinggi di depan orang banyak. Banyak sekali artis di Indonesia yang awal hanya menjadi seorang pembawa acara dan akhirnya menjadi seorang artis terkenal karena keahliannya dalam public speaking.  

4. Stand Up Comedy

Stand Up Comedy sudah lama ada tetapi pada tahun 2011-an barulah stand up comedy ini baru booming dan banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Memang agak susah menembus pekerjaan ini agar menjadi sukses, perlu usaha yang lebih agar mampu dikenal orang.

Pekerjaan ini tidak hanya pandai dalam mengolah kata agar para penonton tertarik mendengar celotehan tetapi harus ada unsur kelucuan di dalamnya. Makanya tidak heran kalau para pelaku stand up comedy ini akhirnya bisa menjadi selebritis dan pembawa pembawa acara

5. Moderator

Bagi orang yang suka berdiskusi, sering mengikuti seminar dan rapat tidak asing lagi dengan istilah moderator. Moderator adalah seseorang yang bertindak sebagai penengah dalam pembawa acara pada kegiatan diskusi, seminar ,maupun rapat atau dalam acara debat.

Moderator juga haruslah pandai dan terampil dalam public speaking karena kesuksesan acara yang dibawakannya karena moderator mampu menjadi penengah, memberikan penjelasan dan memberikan kesimpulan apa yang telah disampaikan oleh para pembicara.

6. Wartawan (jurnalis)

Secara umum pekerjaan menjadi wartawan atau jurnalis adalah mencari, mengolah dan  mengumpulkan berita dan menyajikannya kepada para publik secara cepat dengan media baik cetak, visual maupun audio.

Sebelum menjadi sebuah berita yang disampaikan kepada masyarakat ternyata para wartawan harus juga memiliki keahlian dalam public speaking yang tinggi. Ini bertujuan agar para narasumber yang diwawancarai mau memberikan informasinya kepada wartawan.

7. Presenter TV

Ini merupakan pekerjaan yang keren, sampai-sampai ada drama korea yang bertemakan presenter TV. Ada dua jenis presenter TV yaitu presenter berita politik dan ilmiah serta presenter program tertentu.

Pekerjaan ini tidak sembarangan orang yang mampu menembusnya. Penampilan menarik saja tidak cukup akan tetapi wawasan serta public speaking juga harus mumpuni agar mampu mengendalikan dan mengatur sebuah acara yang dibawakannya.

8. Politikus

Politikus atau jamaknya adalah politisi merupakan seseorang yang masuk dan terlibat dalam politik. Pekerjaan ini selalu berkaitan dengan jiwa kepemimpinan untuk mewakili rakyatnya. Kadang-kadang para partai akan mengadakan seminar untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan dan public speaking kader partainya.

Dengan public speaking para kader partai akan mudah menyerap aspirasi masyarakat dan membawanya untuk dijadikan bahan untuk disampaikan kepada para pihak terkait. Bukan itu saja manfaat public speaking pagi para politikus adalah mampu memberikan argumen pada saat berargumen dan menyampaikan pendapat.

9. Pengajar

Pekerjaan mejadi pengajar yang ahli di bidangnya juga tidak lepas dari keahlian dalam public speaking. Para murid atau mahasiswanya akan tertarik dengan apa yang disampaikan oleh pengajarnya jika keahlian berbicaranya (public speaking) baik.

Jika kamu ingin menggeluti pekerjaan menjadi pengajar ini salah satu yang harus disiapkan adalah public speaking karena dengan kemampuan public speaking yang baik akan memudahkan kamu menyampaikan materi yang kamu ajarkan kepada murid atau mahasiswa, Menjadi pengajar tidak saja berkutat di dalam kampus maupun kelas di sekolah tetapi dapat juga menjadi trainer atau motivator. 

Nah itulah beberapa pekerjaan yang yang cocok untuk kamu yang hobinya public speaking. Dan berikut ini kami bagikan juga beberapa tips yang ingin meningkatkan kemampuan kamu dalam public speaking

Tips yang ingin meningkatkan kemampuan dalam public speaking

Nah sekarang bagi kamu yang ingin menggeluti dunia yang mengandalkan bicara di depan orang dapat mengikuti tips berikut ini
  1. Persiapkan diri baik fisik maupun mental pada saat berlatih atau sedang menjadi pembicara.
  2. Kenali dan pahami situasi kondisi tempat dan para pendengar
  3. Sesuaikan penampilan kamu sebelum naik ke atas panggung
  4. Berusalah untuk menjadi diri sendiri pada saat berbicara di depan publik.

Masih banyak lagi pekerjaan yang membutuhkan keahliah dalam public speaking yang belum sempat ditulis dalam artikel ini misalnya juru bicara, hubungan masyarakat, penceramah, dan lain sebagainya. Jadi tidak salahnya kan kalau kita meningkatkan kemampuan public speaking kita agar menjadi orang yang sukses di masa akan datang.

Demikian semoga bermanfaat untuk kita semua dan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan hobinya kita geluti. Terima kasih.


Post a Comment

0 Comments