5 Nilai yang Terdapat dalam Teks Cerita Sejarah

5 Nilai yang Terdapat dalam Teks Cerita Sejarah
5 Nilai yang Terdapat dalam Teks Cerita Sejarah
 

Setiap tulisan baik yang berupa novel maupun cerpen tentu secara tidak langsung mengandung nilai. Pada kali ini nilai yang dibahas adalah 5 nilai yang terdapat dalam teks cerita sejarah. Dalam tulisan kali ini hanya 5 saja yang akan dimunculkan.


Sebelumnya perlu diketahui dulu ada yang di maksud dengan nilai. Nilai adalah suatu yang bersifat positif dan bermanfaat bagi kehidupan manusia dan harus dimiliki oleh setiap manusia untuk dapat dipandang di dalam kehidupan bermasyarakat.


Dari pengertian atau definisi di atas maka nilai dapat dikatakan sesuatu yang bersifat baik yang harus dimiliki oleh setiap manusia untuk menjalani keseharian di masyarakat.


Nah berikut ini 5 nilai yang terdaadalat dalam teks cerita sejarah.

1. Nilai Moral

Nilai moral adalah ajaran baik buruk yang diterima umum mengenai perbuatan, sikap, kewajiban dan sebagainya. Nilai moral berkaitan dengan akhlak, budi pekerti, dan tindakan susila manusia. Cara menemukan nilai moral ini di dalam teks cerita sejarah adalah dengan memperhatikan narasi atau dialog yang terkandung di dalamnya.


2. Nilai Religius

Nilai religius adalah nilai yang berhubungan individu (manusia) dengan Tuhan. Nilai religius ini dapat ditemukan pada dialog, isi, atau narasi cerita yang dibaca. Nilai religius dalam teks cerita sejarah muncul pada tingkah laku tokoh dalam cerita.


3. Nilai Budaya

Nilai budaya adalah nilai yang berhubungan dengan konsep masalah dasar yang sangat penting dan bernilai dalam kehidupan manusia. Nilai budaya yang ada dalam teks cerita sejarah contohnya adat istiadat, kepercayaan, kesenian dan upacara adat. Nilai budaya dapat ditemukan juga pada peristiwa atau narasi yang terdapat pada teks cerita sejarah.


4. Nilai Kepahlawanan

Nilai kepahlawanan ini adalah nilai-nilai yang berhubungan dengan perjuangan dalam mendapatkan sesuatu. Dalam teks cerita sejarah kebanyakan cerita yang diambil adalah sejarah kepahlawanan bangsa. Jadi oleh karena itu, tentu sangat banyak sekali nilai kepahlawanan yang terkandung dalam teks cerita sejarah.


5. Nilai Sosial

Nilai sosial adalah nilai yang berkaitan dengan tata kehidupan atau pergaulan manusia di dalam kehidupan bermasyarakat. Nilai sosial yang terdapat dalam teks cerita sejarah dapat ditemui perjalanan kehidupan tokoh dalam cerita.


Nah itu tadi 5 nilai yang terkandung dalam teks cerita sejarah. Nilai-nilai yang terkandung dalam teks cerita sejarah ini bersifat tersirat atau tersembunyi. Jadi kita ingin menganalisis nilai dalam teks cerita maka harus melakukan langkah-langkah berikut ini

1. membaca cerita tersebut dengan saksama

2. menganalisis tokoh dan penokohannya

3. menemukan nilai yang terkandung di dalam cerita yang dibaca

4. menyimpulkan nilai yang terkandung di dalamnya dengan bahasa yang disusun sendiri.


Baca Juga

Contoh Lengkap Pidato Perpisahan Di Sekolah

Begini Membuat Resensi Buku Dengan Cepat Dan Mudah

Contoh Kalimat Imperatif dalam Teks Prosedur

Cerpen Liburan yang Menyenangkan di Rumah Sendiri

Post a Comment

0 Comments