Tips Berwisata dengan Dana Pas-pasan

Tips Berwisata dengan Dana Pas-pasan

Tips Berwisata dengan Dana Pas-pasan
Tips Berwisata dengan Dana Pas-pasan

Jalan-jalan sambil berwisata merupakan suatu kegiatan yang sangat menyenangkan dan banyak sekali ditunggu-tunggu oleh hampir semua orang. Kegiatan berwisata juga bisa menjadi hobi dan sebuah pekerjaan bagi sebagian orang. Sambil menikmati indahnya suasana dan alam pemandangan, mereka juga dapat menghasilkan uang dari hobi berwisata tersebut.

Berwisata menuju tempat yang diinginkan, menyenangkan dan murah mungkin hanya mimpi bagi orang yang berpenghasilan pas-pasan. Jangan khawatir, untuk kamu yang memiliki dana pas-pasan juga bisa berwisata dengan menyenangkan. Yang artinya bahwa berwisata tidaklah harus selalu identik dengan kata mahal.

Oleh karena itu, kita juga bisa menikmati wisata dengan menyenangkan mulai dari awal perjalanan sampai kembali ke tempat kita walaupun dengan dana yang pas-pasan. Nah berikut ini bisa kamu terapkan tips agar dapat berwisata dengan dana yang minim atau pas-pasan.

Rencanakan waktu berwisata

Hal yang pertama adalah kamu harus merencanakan waktu berwisata. Bukan saja waktu yang harus ditentukan akan tetapi tempat wisata yang dituju juga harus ditentukan dan dipilih sesuai keinginan dan dana yang disiapkan.

Jika kita berangkat berwisata dengan seseorang maka perlu dirundingkan bersama agar nantinya wisata yang kita rencanakan berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

Dengan perencanaan yang matang dan menghindari berwisata dadakan kita dapat menyesuaikan jadwal dari anggota keluarga. Misalnya libur sekolah, libur kuliah atau cuti bekerja.

Incar tiket promo

Jika rencana berwisata sudah ditetapkan jadwal berangkatnya, maka langkah selanjutnya adalah kamu segera mencari dan membeli tiket perjalanan. Belilah tiket jauh-jauh hari tujuannya adalah untuk mendapatkan harga yang murah.

Kamu juga bisa mencari tiket promo untuk menekan pembiayaan perjalanan untuk berwisata. Banyak sekali promo saat menjelang masuk waktu libur sekolah dan biasanya para penyedia jasa transportasi dan lainnya berlomba-lomba memberikan harga promos dan diskon.

Nah manfaatkanlah promos tersebut agar dana yang disiapkan bisa digunakan untuk keperluan yang lainnya. 

Siapkan makanan cepat saji

Karena topik berwisatanya adalah dengan dana yang pas-pasan maka untuk kebutuhan perut pun harus diatur agar dana yang ada hanya sedikit tidak cepat terkuras. Kamu bisa menyiapkan makanan cepat saji atau instan seperti mie instan, bubur instan dan snack.

Dengan menyiapkan makanan cepat saji tersebut, kamu tidak perlu jauh-jauh dan mengeluarkan uang banyak ke restoran yang pastinya harga makanannya lebih mahal dari pada makanan yang kita siapkan.

Inventaris keperluan selama berwisata

Sebelum berangkat, perlu juga menyiapkan keperluan dan kebutuhan yang dibawa selama berwisata. Tujuannya adalah untuk mengurangi belanja yang tidak diperlukan dan menghemat pengeluaran selama berwisata. 

Kamu hanya menyisihkan sedikit waktu untuk menyiapkan barang-barang apa saja agar pada saat berwisata tidak perlu lagi untuk membeli keperluan dan kebutuhan yang sudah bisa disiapkan dari rumah

Keperluan yang perlu dipersiapkan selama berwisata misalnya peralatan mandi, sikat gigi beserta pasta giginya atau pakaian untuk berenang jika tujuan wisatanya ingin ke pantai atau sungai.

Pilih penginapan yang murah dan nyaman

Tips yang selanjutnya adalah untuk kamu yang ingin berwisata dengan dana yang pas-pasan adalah menyewa tempat penginapan yang murah tapi tidak murahan dan yang pastinya adalah nyaman pada saat kita ingin istirahat dan tidur di dalamnya.

Berwisata tidak juga identik dengan menginap di hotel. Biasanya di sekitar tempat wisata kita dapat menemui berupa penginapan atau wisma yang harganya pasti lebih murah. 

Jadi setelah menentukan tujuan wisata yang ingin dituju perlu juga kita cari penginapan yang memberikan harga miring dengan searching di internet.

Gunakan transportasi umum untuk bepergian

Dengan menggunakan transportasi umum juga mampu menekan biaya selama berwisata. Jika kamu menuju ke tempat wisata dengan menggunakan taksi memang ada rasa aman, nyaman dan lebih leluasa, akan tetapi biaya yang akan dikeluarkan pun pastinya lebih mahal daripada menggunakan transportasi umum.

Kamu dapat menyesuaikan waktu kamu dengan jam-jam operasi dari transportasi umum tersebut agar bisa menuju ke tempat wisata yang dituju. Dengan begitu kita mendapatkan keuntungan berupa berwisata dengan murah dan menyenangkan.

Selektif dalam memilih buah tangan

Ketika berwisata kurang lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh atau buah tangan untuk teman, kerabat atau keluarga di rumah. Akan tetapi jika membeli buah tangan apakah cukup dana yang kita siapkan? Nah untuk menghindari hal ini kamu perlu membuat daftar belanja yang dikhusukan untuk oleh-oleh.

Plihlah tempat atau pusat perbelanjaan yang memberikan harga yang murah sesuai dengan daftar belanja yang sudah dibuat. Atau kita bisa mencari di internet atau bertanya kepada teman yang sudah tahu tempat belanja yang murah.

Demikian beberapa tips berwisata dengan dana yang pas-pasan. Dan dengan adanya artikel ini semoga saja kamu bisa menyiapkan dan merencanakan dari sekarang ingin berwisata kemana sesuai dengan keadaan dana yang dimiliki. 

Post a Comment

0 Comments