Penyebab Masuk Angin dan Cara Mengatasinya

Penyebab Masuk Angin dan Cara Mengatasinya

Dikutip melalui Wikipedia masuk angin adalah suatu kondisi yang disebabkan karena berkumpulnya gas yang tidak merata di dalam tubuh. Masuk angin dianggap sebagai suatu penyakit yang sering dirasakan walaupun di dalam ilmu medis belum ada bukti yang membenarkan pernyataan ini.

Masuk angin mirip dengan sakit flue yang gejalanya hampir sama. Penyebab dari masuk angin bermacam-macam seperti berada lama di tempat berangin, berada di ruangan yang berAC, pada saat berkendara, berhujan-hujanan, mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gas dan bisa juga karena bergadang.

Pada saat masuk angin badan akan terasa tidak enak pada waktu bangun pagi, kepala terasa berat untuk bangun dari tempat tidur dan disertai dengan perut yang terasa mual, demam dan perut kembung. Dan biasanya jika tambah parah sampai muntah.

Penyebab Masuk Angin dan Cara Mengatasinya

Masuk Angin
Penyebab masuk angin sebenarnya bukanlah angin yang menjadi pemicu masuk angin. Cuaca dingin yang menyerang dan menimbulkan penyempitan pembuluh darah. Cuaca dingin ini yang menyebabkan rambut-rambut saluran pernapasan menjadi lambat bergerak. Dan ketika pernapasan menjadi lambat bergerak juga menyebabkan menjadi rentan terkena flue, batuk dan pilek.

Adapun untuk pengobatan masuk angin ini yang biasa dilakukan adalah diurut, digosok dan dikerok atau bisa juga dengan minum air hangat. Untuk mengatasi perut kembung, pegal-pegal pusing dan mual dengan mengkonsumsi sup panas atau dengan mengkonsumsi minuman jahe. Kemudian bisa juga dibaluri dengan minyak kayu putih atau minyak telon.

Dan untuk pencegahan agar tidak terkena masuk angin adalah jangan terlalu lama berada di ruangan yang menggunakan kipas angin. Jika pada saat berkendara gunakan pakaian yang tertutup untuk melindungi badan dari terpaan angin. Hindari bergadang apalagi bergadang di luar rumah.

Demikian informasi tentang penyebab masuk angin dan cara mengatasinya yang bisa kami bagikan untuk Anda, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang kesehatan. Amin. Silakan share kepada teman-teman artikel ini. Terima kasih.

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments