Bagaimana Peran Orang Tua dalam Memilih Kursus Keterampilan Anaknya

Bagaimana Peran Orang Tua dalam Memilih Kursus Keterampilan untuk Anaknya
Peran Orang Tua dalam Memilih Kursus Keterampilan Anaknya

Bagaimana Peran Orang Tua dalam Memilih Kursus Keterampilan untuk Anaknya. Di era globalisasi sekarang ini, Orangtua mana sih yang tidak menginginkan anaknya sukse, memiliki prestasi dan memiliki daya saing yang tinggi dibandingkan dengan anak lainnya? 


Dengan mengikutsertakan anak mengikuti berbagai macam kursus keterampilan yang dapat mengembangkan potensi si anak diharapkan anaknya tersebut dapat mencapai apa yang diinginkan. 


Akan tetapi ada efek samping yang didapatkan jika anak mengikutsertakan ke berbagai macam kursus keterampilan. Salah satu Efek sampingnya adalah bila pilihan kursus tersebut tidak sesuai dengan beban si anak atau berlebih, anak malah akan tertekan. Lalu,  kursus apa saja yang sesuai untuk si anak?


Sebaiknya orangtua meminta pendapat kepada anak mengenai kursus apa saja yang ingin diikuti oleh anak. Berikan pengertian bahwa pendidikan tambahan sangat diperlukan sebagai bagian dari pemenuhan kebutuhan anak dalam mengembangkan potensinya kelak di kemudian hari dan bukan sebagai gengsi orangtua.


Jika sudah terjalin komunikasi dua arah antara orangtua dan anak maka akan menghasilkan kesimpulan yang tidak memberatkan baik dari orangtua atau dari anak itu sendiri. Dan akhirnya, keduanya dapat menerima semua kesepakatan.


Keterlibatan orangtua sangatlah penting dalam membantu anak menemukan pendidikan tambahan yang sesuai dengan minatnya. Akan tetapi orangtua juga jangan selalu memaksakan kehendaknya yang ingin menjadikan anaknya sukses di suatu bidang tanpa memperhatikan minat dan baakat anaknya.


Orangtua juga harus melibatkan diri secara langsung dalam mencari pendidikan tambahan yang sesuai. Jangan hanya mengandalkan brosur atau rekomendasi dari seseorang saja. Akan tetapi dengan mendatangi, bertanya dan mengamati secara langsung ke tempat kursus tersebut.


Anak pasti juga akan bersemangat apabila orangtua memahami bidang yang ditekuninya. Misalnya apabila si anak belajar menari balet, sebaiknya Anda juga ikut terlibat mempelajari banyak hal tentang balet. Sehingga obrolan Anda dan anak menjadi nyambung.


Oleh karena itu kita yang saat ini menjadi orangtua yang anaknya masih dalam pendidikan di sekolah perlu lebih bijak lagi dalam memperhatikan anak kita dalam pendidikannya. Silakan telurusi minat dan bakat anak supaya akan datang anak kita tidak tertekan dan akan menjadi generasi yang sukses di masa yang akan datang. Amin.


Baca Juga

Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) yang Sehat & Bergizi buat Buah Hati

Kisah Seorang Remaja Tanpa Kaki Berprestasi Melebihi Remaja Normal

Seperti Ini Cara Yang Mudah Untuk Mengatasi Kecanduan Mengeluh

Post a Comment

0 Comments