Materi Tentang Artikel Kelas 12 Semester 2 Bahasa Indonesia

Pada kesempatan ini kami ingin berbagi materi kepada kalian tentang artikel. Artikel ini diajarkan di kelas 12 SMA/MA pada semester genap. Pada materi artikel ini sesuai kompetensi dasarnya meliputi gambar di bawah ini

Materi Tentang Artikel Kelas 12 Semester 2
Materi Tentang Artikel Kelas 12 Semester 2

Dari gambar di atas ada empat kompentensi dasar yang harus kalian pahami dan pelajari pada materi artikel ini. yaitu

  1. Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini dalam sebuah artikel yang dibaca.
  2. Menyusun opini dalam bentuk artikel.
  3. Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah
  4. Mengontruksi sebuah artikel dengan memperhatikan fakta dan kebahasaan.

Nah dari empat materi tersebut kita bahas materi yang pertama yaitu "Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini dalam sebuah artikel yang dibaca."

Dikutip dari wikipedia artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan di media online maupun cetak (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

Jadi artikel secara singkatnya adalah karangan yang berisi fakta lengkap untuk disampaikan ke media online (daring) maupun cetak yang bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta untuk para pembaca agar mereka mendapat informasi yang dapat diyakini, mendidik dan menghibur.

Di dalam artikel terdapat fakta dan opini. Fakta adalah hal, kenyataan, atau peristiwa yang benar-benar ada atau terjadi. Biasanya fakta itu dapat menjawab pertanyaan seperti apa, siapa, dimana, kapan dan berapa.

Sedangkan opini adalah merupakan pendapat, pikiran atau pendirian seseorang terhadap sesuatu hal. Biasanya opini ini dapat menjawab pertanyaan bagamaimana.

Nah itulah materi pertama pada kesempatan ini. Jika disimpulkan ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam mempelajari dan memahami  kompetensi dasar tentang Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini dalam sebuah artikel yang dibaca yaitu:

a. Artikel adalah sebuah karangan yang faktual (terbaru) yang dibuat untuk disampaikan kepada pembaca.
b. Fakta adalah sesuatu hal yang nyata dan benar-benar terjadi.
c. Opini adalah pendapat dan pemikiran seseorang terhadap sesuatu yang dibahasnya.

Demikian semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments