Tips Agar Buah-Buahan Tetap Segar

Tips Agar Buah-Buahan Tetap Segar
 Tips Agar Buah-Buahan Tetap Segar

Kesegaran adalah faktor utama yang menentukan kualitas suatu buah. Buah sangatlah mudah menjadi ranum dan rusak karena reaksi dari getah buah. Penyimpanan buah yang baik dan mutlak perlu dilaksanakan untuk mempertahankan tingkat kesegaran buah. Berikut ini cara–cara yang baik untuk menyimpan buah-buahan agar tetap segar.


Buah paling baik ditaruh ditempat yang dingin / sejuk dengan suhu udara berkisar 5–10 derajat celcius, seperti di lemari es atau pendingin. Pada suhu demikian, getah yang terdapat dalam buah tak akan bereaksi (aktif) secara maksimal, sehingga pembusukan buah dapat dihindari.


Disarankan agar buah yang disimpan adalah buah yang dagingnya sudah benar-benar ranum atau matang. Sedangkan buah yang masih setengah matang atau belum matang jangan disimpan terlebih dahulu di dalam lemari es karena suhu dingin dalam lemari es tak akan membuat buah menjadi matang.


Jenis buah–buahan berkulit lunak atau tipis, seperti strawberry, mangga yang telah diiris, nangka, dsb, lebih baik diletakkan di dalam kotak yang memiliki celah / lubang untuk pertukaran udara.


Untuk buah pisang memiliki cara khusus untuk menyimpannya, yaitu dengan digantung. Barangkali anda seringkali melihat bagian buah pisang yang terkadang berwarna kehitaman / gelap dan lebih lembek. Hal tersebut disebabkan oleh adanya tekanan yang terlalu lama pada pisang yang disimpan dengan cara diletakkan begitu saja.


Usahakan agar tidak menyimpan terlalu lama buah yang sudah dikupas karena buah tersebut akan menjadi lebih cepat membusuk.


Untuk beberapa jenis buah seperti Pepaya, jambu, tomat, anggur yang tidak ditaruh di dalam kulkas dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya tidak usah dicuci lebih dulu karena akan membuat buah menjadi cepat membusuk. Cucilah ketika anda hendak memakannya saja.


Demikianlah informasi mengenai Tips Agar Buah-Buahan Tetap Segar. Semoga bermanfaat dan silakan bagikan tulisan ini di seluruh media sosial. Terima Kasih.

Post a Comment

0 Comments