Madu Asli Serta Cara Mengetahui Ciri-ciri Madu Asli

Madu Asli Serta Cara Mengetahui Ciri-ciri Madu Asli
Madu Asli Serta Cara Mengetahui Ciri-ciri Madu Asli

Manfaat madu sangat beragam, baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Sebagai pencegah infeksi, pembunuh bakteri, penyembuh luka, meningkatkan kekebalan tubuh, dll. Khasiat madu sudah diketahui sejak zaman dahulu yang telah melalui sejarah perjalanan yang panjang.


Besarnya manfaat madu membuat madu banyak dijual dan beredar secara luas dengan berbagai produsen madu, baik madu asli, maupun madu tiruan yang telah ditambah berbagai bahan campuran. Banyak sekali orang tertipu oleh karena minimnya pengetahuan mengenai madu asli serta cara mengenali ciri-ciri madu asli.


Kualitas madu asli tergantung kepada kandungan nektar, lokasi tempat budidaya madu, faktor iklim, cara pemasakan madu serta cara pengolahannya. Sehingga untuk mengenali ciri-ciri madu asli yang berkualitas memang sulit diketahui oleh orang awam.


Untuk mengenali ciri-ciri madu asli, dapat mengenalinya melalui 3 faktor berikut:


Faktor Kekentalan Madu

Madu asli umumnya memiliki kekentalan alami juga tidak terlalu encer. Madu yang nampak encer mengindikasikan adanya campuran madu dengan air. Untuk menguji keaslian madu melalui keencerannya cukup mudah. Cukup tuangkan madu tersebut ke wadah yang lain. Apabila terdapat gelembung-gelembung, hal tersebut menandakan adanya kandungan air dalam madu yang telah tercampur, terlebih lagi jika terdapat pengendapan setelah madu didiamkan beberapa lama.


Warna Madu

Madu asli memiliki warna yang lebih gelap dibandingkan madu yang memiliki kadar campuran bahan lainnya. Nutrisi mangan, potasium, sulfur, magnesium dan besi yang masih alami pada madu asli membuatnya memiliki aroma yang kuat dibandingkan madu campuran. Ada juga madu yang berwarna keruh.


Dijauhi Semut

Ciri-ciri madu asli yang paling mudah dikenali, umumnya madu asli dijauhi oleh semut. Semut tidak dapat mengambil sari makanan pada madu asli oleh karena kekentalan dan rasa manis asam di dalamnya. Madu yang telah terkontaminasi umumnya akan mengundang semut untuk datang.


Faktor Kekeruhan

Ciri-ciri madu asli juga dapat dikenali dari faktor kekeruhannya. Pada madu palsu umumnya akan berwarna lebih bening ketika dicampurkan dengan segelas air, hal tersebut disebabkan oleh kandungan gula dalam madu. Sementara pada madu asli, warna akan lebih keruh, karena mengandung sari bunga.


Ciri-Ciri Madu Asli & Cara Mengujinya

Untuk mengenali ciri-ciri madu asli dapat melakukan beberapa tes sederhana berikut:


Dengan Api

Taruhlah madu asli diatas sendok, lalu panaskan dengan lilin hingga mendidih. Pada madu asli, akan mengeluarkan buih yang meluber hingga keluar sendok. Dan setelah suhu dingin tekstur madu akan tetap lembut. Sementara pada madu palsu, ketika dipanaskan, buih tidak akan meluber hingga keluar sendok.


Dengan Ikan

Untuk menguji dengan metode kedua ini, ambillah sepotong ikan mentah. Lalu masukkan ikan dan madu asli ke dalam toples kecil dan diamkan selama 2 minggu. Setelah 2 minggu, ukuran ikan akan mengecil dan memucat namun tidak berbau. Sedangkan untuk pengujian menggunakan madu palsu, ukuran ikan tetap seperti sediakala, warna berubah menjadi kehitaman serta berbau busuk.


Demikan artikel yang sederhana ini semoga bermanfaat. Dan silakan untuk dibagikan ke media sosial jika artikel ini bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments