Penjelasan Perbedaan Menabung dan Berinvestasi Untuk Pemula

Penjelasan Perbedaan Menabung dan Berinvestasi Untuk Pemula
Penjelasan Perbedaan Menabung dan Berinvestasi Untuk Pemula


Perbedaan menabung dan berinvestasi. Banyak sekali masyarakat kita yang menganggap antara menabung dan berinvestasi itu sama. Hal yang paling mendasar yang membedakan antara menabung dengan berinvestasi adalah adanya ketidak jelasan dalam beberapa hal :

  • Tujuan ataupun kebutuhan secara spesifik, seperti untuk memiliki rumah, biaya pendidikan atau persiapan untuk di hari pensiun.
  • Berapa besar dana yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Penentuan waktu kapan kebutuhan akan dipakai/diperlukan dan jangka waktu (berapa lama) didalam mencapai waktu tersebut.
  • Strategi mencapai tujuan tersebut.
  • Ragam pilihan/alternatif untuk mencapai tujuan tersebut.


Sedangkan berinvestasi adalah suatu proses dari menabung yang berorentasi kepada tujuan dan bagaimana cara mencapai tujuan yang telah ditetapkan tersebut.


Pernahkan anda memikirkan kebutuhan masa depan keluarga secara finansial...? seperti : memiliki rumah, ibadah haji dan umroh, pendidikan anak, wisata liburan, memiliki mobil dan kebutuhan di saat masa pensiun..? 


lalu apakah anda juga memikirkan berapa biaya yang diperlukan untuk kebutuhan finansial anda di masa depan tersebut..? Juga, kapan waktu dana tersebut dibutuhkan oleh anda..?


Semua kebutuhan diatas yang sudah anda pikirkan akan sangat mungkin tercapai apabila telah melakukan perencanaan sejak dini.


Itulah perbedaan yang paling mendasar antara menabung dan berinvestasi, jelas berinvestasi lebih memiliki keuntungan daripada menabung, karena dalam berinvestasi ada unsur perencanaan (akan kebutuhan masa depan). Sedangkan dalam menabung tidak jelas.


Sumber : Konten Keluarga

Post a Comment

0 Comments