Cara Menghilangkan Kebiasaan Bayi yang Suka Menggigit

Cara Menghilangkan Kebiasaan Bayi yang Suka Menggigit
Cara Menghilangkan Kebiasaan Bayi yang Suka Menggigit


Sekarang kita membahas “Cara Menghilangkan Kebiasaan Bayi yang Suka Menggigit” Bayi memang masih sangat dini untuk berpikir. Mereka lebih memilih naluri yang menuntut mereka melakukan hal-hal yang ia sukai. 

Salah satu kebiasaan bayi adalah menggigit sesuatu. Kita sebagai orang tua tentunya memiliki kewajiban untuk mengawasi hal tersebut. Namun yang harus kita perhatikan adalah, melarang anak untuk melakukan sesuatu bukan berarti kita boleh membentak atau bahkan merendahkan dirinya. 

Cukup tegur dan arahkan pada hal yang benar. Cepat lambatnya anak untuk mengerti perintah kita, tergantung dari umur anak tersbut dan juga kita sendiri sebagai orang yang mengarahkannya.

Sebenarnya kebiasaan menggigit bayi bukan dikarenakan mereka lapar tapi lebih kepada rasa penasarannya yang ingin tahu segala hal yang menurutnya baru. Itu sebabnya, jika barang yang sudah sering ia lihat terkadang diacuhkan dan lebih memilih yang pernah dilihat sebelumnya.


1.  Berikan Perhatian

Tak jarang sebenarnya ia menggigit untuk mencari perhatian kita. Oleh sebab itu sebisa mungkin luangkan waktu untuk bermain dengannya agar dia tak perlu lagi menggigit untuk mencari perhatian, misalnya saja mengajaknya tertawa dan bermain agar ia semakin senang dan merasa tidak diabaikan.


2.  Waktu istirahat Cukup

Usahakan agar anak tidak sampai kelelahan. Fisik yang lelah dapat mempengaruhi faktor emosi anak. Jika moodnya buruk karena lelah, bisa membuatnya semakin gemar menggigit. 

Usahakan agar ia dapat tidur selama minimal 2 jam di siang hari dan mulai jam 19.00 untuk malam harinya. Sekalipun waktunya tidak berturut-turut demikian tetaplah mencukupkannya untuk beberapa kali waktu tidur dalam sehari.


3.  Melatih Komunikasi

Latihlah anak untuk berkomunikasi agar anak bisa berlatih untuk mengungkapkan segala emosinya sedini mungkin. Salah satu cara untuk mengajarkannya berkomunikasi adalah dengan membacakan ia sebuah buku cerita. 

Anda juga bisa mengajaknya untuk berbicara di setiap kegiatan untuk semakin menambah kosakatanya dalam berkomunikasi. Jangan berpikir bahwa mereka masih bayi dan belum bisa paham karena yang dilakukan di sini adalah melatih memorinya agar semakin peka yang secar tidak langsung kita lakukan untuk mengurangi kebiasaan menggigit tersebut.


Semoga cara diatas bisa membantu anda untuk menghilangkan kebiasan anak yang suka menggigit. Sekalipun demikian, setiap bayi punya karakteristik sendiri yang terkadang perlakuannya juga beda. 

Jika seandainya tidak ditemukan solusinya maka mau tidak mau anda harus selalu awas berada di disisinya atau paling tidak menghindarkan barang yang tidak pantas ia gigit, tapi bila ia seperti memintanya maka belilah alat bernama ‘teeter’ yang sudah banyak dijual di toko perlengkapan bayi.

Post a Comment

0 Comments