Ayo Kita Jauhkan Kegalauan Dengan Makanan Ini

Ayo Kita Jauhkan Kegalauan Dengan Makanan Ini

Kondisi para wanita pada umumnya saat menjelang haid (menstruasi), sangatlah beragam, akan tetapi secara umum keadaannya dapat terlihat dari tingkah laku dan suasana hati kacau yang dapat dikatakan berada dalam kondisi tidak stabil.

Dan kalanya pendiam, tiba-tiba emosi meningkat, muncul berbagai keinginan untuk makan yang diluar dari kebiasaan dan lain sebagainya. Menurut profesor nutrisi dari University of British Columbia, Susan I. Barr, Ph.D, R.D, menyatakan bahwa, memang pada saat menjelang haid (menstruasi) beberapa kaum hawa mengalami peningkatan metabolisme.

Karena pada saat tersebut, tubuh berusaha menurunkan kadar hormon progresteron. Proses ini membakar berkisar 100 – 300 kalori / hari. Akan tetapi dengan keadaan tersebut janganlah dijadikan alasan untuk makan lebih banyak.

Saat suasana hati sedang kacau, ada beberapa pilihan makanan yang terbukti berefek positif bagi jiwa dan raga. Elizabeth sommer, M.A, R.D, penulis Food & Mood (owl books tahun 1999) mengungkapkannya untuk anda.

Bila suasana hati sedang tertekan:

Hindari camilan seperti donat, kue kecil dan gorengan, sebab camilan tersebut menghasilkan hormon kortisol yang merusak kemampuan tubuh untuk menenangkan diri.

Sebaiknya, makanlah tortila chips yang memproduksi serotonin yaitu hormon penenang. Selain itu konsumsilah vitamin dan mineral untuk menyeimbangkan kadar dari hormon kortisol dalam tubuh.

Bagi yang sedang sulit konsentrasi dan pelupa:

Jauh-jauhlah dari jenis-jenis makanan ini, burger, pizza dan makanan berlemak lainnya karena jenis makanan tersebut hanya akan meningkatkan kadar darah triptofan yang juga meningkatkan kadar serotonin, membuat anda jadi kurang perhatian.

Konsumsilah ikan tuna dan salmon panggang yang kaya akan omega 3 yang bisa membersihkan otak dari sel-sel radikal bebas.

Jika dalam suasana hati yang merasakan kegagalan:

Hindari camilan manis seperti permen, minuman soda yang dapat menaikkan kadar gula darah secara tiba-tiba jadi anda kehilangan tenaga. 

Disarankan untuk memakan segenggam kacang yang dapat meningkatkan hormon dopamin dan norepinephrin yang tentunya menurunkan kadar serotonin juga menstabilkan gula darah anda.

Bagaimana dengan anda ladies ? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Post a Comment

0 Comments