Materi Kritik dan Esai Kelas 12 Bahasa Indonesia

Materi Kritik dan Esai Kelas 12 Bahasa Indonesia

Materi Kritik dan Esai Kelas 12 Bahasa Indonesia
Materi Kritik dan Esai Kelas 12 Bahasa Indonesia

Kritik dan esai bisa dikatakan dua jenis tulisan yang hampir sama Keduanya sama-sama mengungkapkan sebuah pendapat atau argumen. selain artikel resensi dan ulasan dalam kolom bebas juga ada kritik dan esai jadi kritik dan esai ini sangat menarik untuk dipelajari karena memberikan wawasan dan sekaligus membuat kita berpikir kritis dalam menilai karya orang lain. 

kata kritik sering kita dengar dalam kehidupan kita sebagian orang. Mungkin ada yang beranggapan bahwa kritik itu merupakan sebuah celah an pernyataan yang mengungkapkan kekurangan-kekurangan orang lain yang dalam hal ini adalah karya seseorang. 

Yang dimaksud dalam materi ini adalah kritik yang didasari atas analisis yang mendalam karya kritik biasanya berupa karya seni baik karya sastra musik lukisan buku maupun film. berbeda dengan kritik yang memfokuskan menilai karya sastra lebih mengarah pada cara pandang seseorang menilai suatu objek atau peristiwa tidak selalu terhadap karyanya. 

Pemahaman tentang kritik dan esai seringkali rancu karena keduanya merupakan teks yang sering didasarkan pada suatu objek untuk dinilai. Kritik bisa dikatakan sebuah penilaian terhadap suatu karya secara seimbang baik kelemahannya maupun kekurangannya. 

Jadi kritik itu tidak hanya menilai karya orang lain untuk melihat kelemahannya saja akan tetapi harus seimbang kita melihat kelebihannya dan kekurangannya juga.

jadi ada dua materi iya harus kita pelajari yaitu kritik dan esai berikut ini pengertian kritik dan esai.

kritik adalah suatu pernyataan atau tanggapan seseorang terhadap karya sastra orang lain yang didasarkan pada analisis yang mendalam berdasarkan pengetahuan.

kemudian essay lebih mengarah pada seseorang memandang dan menanggapi suatu persoalan Baik objek maupun peristiwa.

Perbedaan kritik dan esai berdasarkan pengetahuan

Kritik

1. kritik objek berubah karya seperti cerpen puisi musik drama lukisan dan film.

2. terdapat deskripsi karya seperti sinopsis

3. disajikan secara objektif yang didapat dari hasil penelitian atau para ahli yang sudah menulis tentang Ang karya tersebut.


Esai

1. objek yang dikaji atau yang dianalisis berupa fenomena peristiwa seperti fenomena sosial fenomena politik dan lainnya.

2. deskripsi atau ringkasan karya yang dianalisis tidak dimuat.

3. esai tidak selalu memerlukan data

Post a Comment

0 Comments