Pola Pengembangan Menulis Teks Eksplanasi

Pola Pengembangan Menulis Teks Eksplanasi

Pola Pengembangan Menulis Teks Eksplanasi
Pola Pengembangan Menulis Teks Eksplanasi


Assalamualaikum. Selamat datang kembali di blog kami ini. Pada kesempatan ini kami ingin membagikan sedikit materi tentang bagaimana cara menulis teks eksplanasi dan disajikan lebih menarik.


Materi ini merupakan lanjutan dari materi eksplanasi yang diajarkan di kelas XI (sebelas) semester ganjil. Jadi silakan untuk dibaca agar dapat menambah pengetahuan dan wawasan.


Agar tulisan kita tentang teks eksplanasi menjadi lebih menarik. Maka, kita perlu mengetahui pola pengembangannya. Pada umumnya ada dua pola yang sering digunakan dalam menulis teks eksplanasi, yaitu:


1. Pola Pengembangan Sebab Akibat

Pola pengembangan ini dapat digunakan dalam menulis teks eksplanasi. Pada pola ini sebab dijadikan sebagai gagasan umum. Sedangkan  akibat  dijadikan sebagai perincian atau penjelasan pengembangannya.


Maksudnya adalah pada bagian sebab itu kita jadikan sebagai gagasan umum atau pikiran utama dalam menulis teks eksplanasi dan pada bagian akibat kita jadikan sebagai pengembangan dan penjelasan yang rinci dari bagian sebab. Dan ada juga pada bagian akibat  dijadikan sebagai gagasan umumnya dan pada bagian sebab  dijadikan sebagai pengembangannya.


Pola sebab akibat berkaitan dengan proses. Jika kita menyusun untuk mencari kaitan antara bagian-bagiannya maka proses itu dapat juga disebut dengan proses kausalitas.


Contoh pola pengembangan sebab akibat

Kita sering melihat bencana banjir baik secara langsung maupun dengan bantuan media sosial dan media televisi dan banjir merupakan salah satu bencana yang sering dihadapi di negara kita.


Pertanyaan adalah kenapa bencana banjir ini sering terjadi di daerah kita? Bencana banjir disebabkan karena perilaku yang kurang menyadari untuk menjaga lingkungan seperti tidak membuang sampah pada tempatnya, penebangan hutan yang mengakibatkan hutan tidak dapat lagi menyerap air hujan.


Dan akibatnya bencana banjir pun tidak bisa dihindari tidak hanya harta benda yang hilang bahkan kematian pun dapat mengintai setiap saat.


2. Pola Pengembagan Proses

Proses adalah suatu urutan dari tindakan-tindakan, langkah-langkah atau perbuatan-perbuatan yang menjadikan atau menghasilkan sesuatu atau perurutan dari suatu peristiwa atau kejadian.


Untuk menyusun teks eksplanasi yang polanya adalah pengembangan proses maka perlu langkah-langkahnya yaitu:

a. Mengetahui perincian-perincian secara menyeluruh.

b. membagi proses tersebut menurut tahapan-tahapan peristiwa.

c. menjelaskan setiap urutan ke dalam rincian-rincian yang tegas sehingga para pembaca dapat melihat seluruh proses kejadian atau perisiwa secara jelas.


Contoh pola pengembangan proses

Pada tumbuhan kacang panjang dimulai dengan pertumbuhan kecambah. Pertumbuhan ini merupakan pertumbuhan awal kemudian kecambah tersebut tumbuh dan memunculkan daun.


Setelah beberapa hari daun abadi muncul dan bibit kacang panjang siap dipindahkan ke tempat yang lebih luas agar pertumbuhannya tidak terganggu.


Demikian materi yang singkat ini semoga bermanfaat untuk kita semua dan dapat memahami materi tentang teks eksplanasi dalam bahasa Indonesia.


Sumber:

Buku Bahasa Indonesia kelas XI SMA/MA/SMK/MAK

Post a Comment

0 Comments